CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

PENYAKIT AKIBAT KONSUMSI MIE INSTAN

Nasib Anak Kost, itulah yang selalu dikatakan kalau tinggal sendiri jauh dari orang tua, terpaksa harus masak sendiri, bahkan kalau tidak sempat masak cari makanan murah meriah di warung terdekat. Namun kalau sudah tidak punya uang lagi di akhir bulan maka MIE INSTAN menjadi sasaran. Penyajian Cepat dan Rasanya tidak kalah sedap apalagi sedang LAPAR.

Mie instan disukai oleh berbagai kalangan, bahkan orang berduit pun menyukainya karena rasanya yang gurih. Dari semua kelas umur, anak-anak merupakan kelompok terbesar yang menyukai mie instan. Bahkan bisa menjadi makanan favorit bagi anak-anak. Setiap hari anak-anak ingin mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. Ini sangat berbahaya bagi anak-anak untuk kesehatan dan perkembangannya di kemudian hari.



Bahaya dan penyakit yang ditimbulkan dari sering mengkonsumsi mie instan dapat diuraikan sebagai berikut:

Penyebab kanker

Mie instan yang beredar saat ini, ternyata cukup membahayakan. Telah diketahui bahwa permukaan mie instan dilapisi oleh lilin. Inilah kenapa mie tidak pernah lengket satu sama lain.
Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua hari.

Jika zat ini terus menumpuk dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi. Misalnya, kanker hati, usus, atau leukimia. Tak hanya lilin dari mie instan. Bumbunya pun yang mengandung banyak zat aditif seperti MSG yang bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

Penyakit Jantung

Selain mengandung bahan pengawet, mie instan juga memiliki bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang digunakan untuk mengemas mie dalam wadah sterofoam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa BPA mengganggu cara hormon mengirim pesan melalui tubuh, khususnya estrogen. Wanita pada khususnya untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi mie instan.

Kecenderungan rakyatnya mengonsumsi mie instan dalam beberapa tahun terakhir, terbuktinya telah mengalami peningkatan resiko penyakit jantung.


Kerusakan jaringan otak

Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak.

Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

Keguguran

Sejumlah wanita hamil yang makan mie instan selama kehamilan mengalami keguguran, hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Gangguan metabolisme

Konsumsi mie instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

Kerusakan organ

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.
 
Alergi akibat Monosodium glutamate

Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk meningkatkan rasa mie, sekitar 1-2 persen dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

Darah Tinggi, Stroke dan Kerusakan Ginjal

Mie instan juga mengandung jumlah natrium yang tinggi, kelebihan konsumsi natrium bisa menyebabkan hipertensi, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi mie instan berlebihan.

Junk food

Mie instan hanya dapat dianggap sebagai junk food dan tidak pernah menggantikan makanan bernutrisi, hal ini karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tetapi tidak ada vitamin, mineral atau serat. Mie instan juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans. Ini padat kalori dan memberikan efek negatif pada kesehatan.

Penyakit-penyakit tersebut tidak serta merta terlihat saat anda sedang mengkonsumsi mie instan, namun semua efek negatif akan terakumulasi dan tertimbun di dalam tubuh pada suatu saat penyakit-penyakit tersebut akan muncul.

Di atas telah dibahas tentang penyakit yang diakibatkan oleh konsumsi mie instan, jadi sedapat mungkin hindari untuk mengkonsumsi mie instan setiap hari.

Entri Populer