CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

DAFTAR MAKANAN UNTUK MELAWAN KOLESTEROL JAHAT

Daftar makanan untuk melawan kolesterol jahat di dalam tubuh perlu diketahui, sehingga kita dapat memilih makanan sehat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kolesterol merupakan senyawa kimia yang terdiri atas kombinasi lipid atau lemak, dan steroid. Ada high density lipoprotein (HDL), ada low density lipoprotein (LDL).

HDL merupakan jenis kolesterol yang justru bermanfaat bagi tubuh karena bekerja membersihkan dan melancarkan aliran darah. Yang harus kita perangi adalah LDL, kolesterol jahat yang dapat memicu penyumbatan dan memblokir aliran darah menuju otak.

Kadar LDL tinggi jelas menjadi momok. Timbunan kolesterol jahat meningkatkan risiko gangguan kesehatan jantung dan rentan memicu stroke. Selain melakukan tes darah secara berkala, perangi kolesterol jahat dengan konsumsi makanan tepat. Berikut sejumlah makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

1. Avokad
Seperti minyak zaitun, avokad kaya lemak tak jenuh yang berperan menurunkan kolesterol jahat. Lemak tak jenuh tunggal, yang ditemukan dalam buah hijau lembut ini, juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Konsumsi buah mengandung vitamin E, vitamin B, dan asam folat, ini tentu harus dibarengi dengan komitmen menyingkirkan konsumsi lemak tak sehat.

2. Plum
Selain merupakan sumber karbohidrat yang baik, plum mengandung serat serta zat fitokimia yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Potasium yang terkandung di dalamnya juga membantu menjaga kestabilan gula darah.

3. Kacang
Penelitian Louisiana State University, menunjukkan, kacang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu penurunan kolesterol jahat dalam darah. Dari semua jenis kacang, pilihan terbaik untuk meredam kadar kolesterol jahat adalah kacang macadamia.

4. Semangka
Menurut WHO Food, semangka tak hanya sebagai sumber vitamin C dan vitamin A yang baik, tapi juga mengandung zat antioksidan serta likopen. Berperan menetralisasi radikal bebas, dan mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah

5. Tomat
Para ilmuwan mengatakan, tomat masak memiliki khasiat yang sama dengan statin, obat kimia yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Mengasup dua ons pasta tomat atau setengah liter jus tomat sehari berfungsi sebagai pengontrol kolesterol pasien.

6. Gandum
Kandungan betaglucan dan serat yang sangat tinggi pada gandum terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Oatmeal yang merupakan jenis gandum berserat tinggi bisa menjadi pilihan.

7. Apel
Sebuah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat larut yang membantu menurunkan kolesterol jahat, atau sekitar 17 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk menu harian. Artinya, konsumsi sebuah apel sehari dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

8. Ikan
Ikan mengandung omega 3 yang membantu menurunkan kadar kolesterol, menjaga pembuluh darah, serta mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah. Salmon, sarden dan tuna kaya asam lemak omega 3, bisa menjadi pilihan terbaik pengganti daging sapi atau ayam dalam menu harian.




9. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung vitamin B kompleks dan niasin yang mencegah pembekuan arteri. Yang bisa menjadi pilihan: bayam, seledri, kapri, brokoli, sawi hijau, paprika.


Sumber :
www.suaramerdeka.com
www.irwantoshut.net/kolesterol.html 


Artikel Terkait :

Entri Populer