MAKANAN SEHAT PENURUN KOLESTEROL

Setiap hari kita mempunyai pilihan mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Namun apakah makanan-makanan yang kita konsumsi termasuk dalam makanan sehat. Salah satu pertimbangan memilih makanan adalah kandungan kolesterol di dalam makanan yang harus seimbangan dengan kebutuhan tubuh.

Kelebihan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jumlah kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang bertubuh gemuk, orang yang kurus juga bisa memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuhnya.

Penyakit kolesterol tidak hanya dapat menyerang orangtua, tapi juga yang masih berusia muda. Biasanya penyakit ini menyerang orang yang buruk kebiasaan makannya dan gaya hidupnya. Untuk itu, kita harus berusaha menjalani pola hidup yang sehat agar dapat menjaga kolesterol dalam darah tetap normal.

Berikut berbagai makanan yang dapat menjaga, bahkan menurunkan kadar kolesterol, seperti dilansir Reader’s Digest.







Untuk lemari

* Kacang kalengan, seperti kacang hitam, putih, pinto, garbanzo, dan lain-lain.
* Buah-buahan kering, seperti buah ara, kismis, plum, aprikot, dan kurma.
* Tepung gandum utuh.
* Saus apel.
* Minyak zaitun.
* Minyak canola.
* Salmon dan tuna kalengan.
* Kerang kalengan.
* Sarden kalengan.
* Buah kalengan tapi airnya asli berasal dari buah itu sendiri.
* Oatmeal yang dimasak bukan yang instan.
* Campuran gandum utuh.
* Tomat kalengan yang dicampur dengan bumbu, bawang merah atau bombay, atau bawang putih.
* Selai kacang (alami, dibuat tanpa minyak terhidrogenasi atau ditambahkan gula).
* Artichoke, tomat.

Untuk lemari es

* Mayones rendah lemak.
* Keju keras beraroma seperti Romano atau Parmesan.
* Margarin bebas lemak trans.

Untuk freezer

* Sayuran atau burger kedelai.
* Bakso kalkun.
* Sayuran beku dalam kemasan.
* Berbagai macam buah beri.
* Fillet ikan beku.

Sumber : okezone.com


Artikel Terkait :

Entri Populer