MEMPERLAMBAT PENUAAN AGAR TETAP AWET MUDA

old woman 


Kulit merupakan bagian dari organ eksternal tubuh yang sangat penting bagi manusia. Akan tetapi keberadaannya kerap kali tidak menjadi perhatian bagi kita. Padahal kulit merupakan lapisan paling luar tubuh yang melindungi organ-organ tubuh lainnya yang ada didalamnya dari segala macam gangguan alam, baik itu virus ataupun bakteri.

Kesadaran manusia untuk menjaga kebersihan dan kesehatan khususnya di Indonesia sangatlah minim sekali. Menurut sebagian orang, dengan mandi setiap hari saja sudah cukup dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulit, akan tetapi hal tersebut sangatlah tidak cukup, apalagi bagi kita yang tinggal dikota besar seperti Jakarta ini,yang memiliki tingkat mobilisasi yang sangat tinggi serta didukung keadaan lingkungan yang saat-saat ini sangat tidak menentu. 

Dari sebab itu, cobalah Anda memulai untuk menyadari betapa pentingnya kulit dalam hidup Anda.

Salah satu dampak dari kurangnya menjaga kebersihan dan kesehatan kulit adalah Penuaan Dini. Sebenarnya, apakah hal ini menjadi pusat perhatian bagi kebanyakan orang? Sebelum kita sampai pada tahap itu, marilah kita simak terlebih dahulu apa sebenarnya arti dari penuaan dini.

Penuaan dini adalah proses dari penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya. Banyak orang yang mulai melihat timbulnya kerutan kulit wajah pada usia yang relatif muda, bahkan pada usia di awal 20-an. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal, seperti tingkat pengkonsumsian kadar alkohol yang berlebih, minuman yang mengandung kafein (kopi), stress yang berkepanjangan, kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran, kurangnya istirahat, aktifitas yang lebih dibawah sinar ultra violet ataupun terlalu lama beraktifitas didalam ruangan ber AC, mengkonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi, perokok baik itu aktif maupun pasif, kurangnya olahraga, dan yang paling sering diabaikan oleh kita adalah kurangnya minum air putih yang memenuhi standar per hari sebanyak 8 gelas. Nah, jika hal-hal tersebut diatas belum Anda perhatikan, sekaranglah waktunya untuk meninjau kembali apakah anda menyayangi kulit Anda atau tidak.

Survei mengatakan bahwa 7 diantara 10 orang Indonesia akan mengalami penuaan dini. Jadi betapa harus mawas dirinya Anda ketika penuaan itu akan datang. Dari penyebab-penyebab yang disebutkan pada poin diatas, penyebab penuaan dini yang dialami oleh orang Indonesia rata-rata adalah stres, aktifitas yang lebih dibawah sianr matahari dan ruangan ber-AC, serta kurangnya mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari. Selain itu banyak lagi faktor-faktor lain yang menyebabkan penuaan dini seperti radiasi sinar x, polusi udara yang berasal dari mobil, pabrik, freon, asap rokok, bahan-bahan kimia eksogen dan endogen. Cara perawatan kulit yang salah, memakai produk perawatan kulit yang keliru, kelembaban udara yang sangat rendah, sampai suhu udara panas dan dingin yang akan menyebabkan penguapan air dari kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.

Pengaruh sinar matahari yang menahun atau kronis, menyebabkan kerusakan kulit akibat efek fotobiologis sinar UV yang menghasilkan radikal bebas akan menimbulkan kerusakan protein dan asam amino yang merupakan struktur utama kolagen dan elastin, kerusakan pembuluh darah kulit dan menimbulkan pigmentasi kulit.

Hal-hal tersebut diatas baru sebagian dari faktor penyebab dari penuaan dini, masih ada banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkannya. Akan tetapi hal-hal tersebut diatas merupakan hal yang paling dekat dengan kita, apalagi yang berdomisili di ibu kota besar seperti di Jakarta. Maka dari itulah kita harus waspada dari kemungkinan-kemungkinan tersebut diatas. Caranya? Menjaga kesehatan kulit pada khususnya dan kesehatan tubuh pada umumnya dengan memakan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur. Sayangilah diri Anda, sebab kalau bukan Anda, siapa lagi? Sumber : Male Emporium 

Entri Populer