CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

MENGAPA AMBON RUSUH KEMBALI ?

Kerusuhan yang pernah terjadi pada tahun 1999 yang berlangsung selama beberapa tahun kini terjadi lagi di Ambon. Padahal sudah dilakukan berbagai usaha untuk mengembalikan berbagai kerusakan dan kerugian secara material maupun kejiwaan.

Berawal dari terjadinya kecelakaan seorang tukang ojek pada daerah Gunung Nona, yang diisukan bahwa tukang ojek dibunuh padahal merupakan kecelakaan murni bahkan sempat ditolong dibawa ke Rumah Sakit oleh masyarakat sekitar namun tidak dapat diselamatkan lagi.

Kemudian diisukan bahwa tukang ojek ini dibunuh dan disebarkan berita lewat SMS menyebabkan emosi dari masyarakat kembali terbakar. Kejadian terjadi setelah pemakaman korban kecelakaan ini emosi yang ada dilampiaskan untuk orang yang tidak tahu menahu dengan masalah ini. Hal tersebut akhirnya membangkitkan juga emosi dari komunitas yang berbeda.

Terjadi pengrusakan dan pembakaran dari kedua kelompok, semua dilampiaskan kepada orang yang tidak tahu-menahu. Rumah, mobil, sepeda motor dan berbagai harta milik dirusakan dan dibakar. Masyarakat menilai aparat keamanan lambat mengatasi masalah ini bahkan menurut mereka rumah yang mau dibakar tidak langsung dicegahkan dan diamankan oleh aparat.

Kerugian dan luka bathin akibat kerusuhan pada tahun 1999 ternyata belum kembali pulih sepenuhnya, walaupun sudah dibangun Monumen “Gong Perdamaian” yang meghadirkan berbagai bangsa dari negara lain. Dari kehidupan yang ada selama ini memang masih ada rasa was-was bila berada pada komunitas yang berbeda, karena trauma terhadap kerusuhan yang pernah terjadi.

Masyarakat Ambon ingin kondisi kembali pulih seperti semula, aman dan hidup berdampingan dengan saudara yang berbeda keyakinan. Tetapi ada segelintir orang yang ingin melakukan kekacauan dan melampiaskan emosi mereka secara tak terkendali. Masyarakat dari kedua pihak sebenarnya tidak setuju kalau ada dari komunitas mereka yang melakukan kekacauan dan pengrusakan.

Entri Populer