CU.CC: Free Domain Registration + FREE DNS Services

MENGAPA TERJADI KEKERINGAN DIMANA-MANA ?

Musim panas terus berkepanjangan, seharusnya sekarang sudah masuk musim hujan. Semakin hari mencari air bersih semakin susah.  Hujan pun tidak turun-turun, "hai hujan kemanakah engkau?".

Sepertinya telah terjadi perubahan musim, dimana kita tidak tahu lagi kapan datangnya musim hujan, kapan datangnya musim panas.

Ini kah akibat "global warming" pemanasan global karena ozon telah bolong dimana-mana, ataukah karena perubahan poros bumi akibat pergeseran lempeng-lempeng bumi, sehingga arah angin tidak menentu lagi.

Angin yang membawa uap air akan terjadi kondensasi di udara dan jatuh menjadi hujan. Atau mungkinkah pemanasan global sehingga iklim dunia sudah berubah.

Tetapi perlu disadari walaupun panas berkepanjangan tetapi kalau kita punya hutan yang lestari kekeringan tidak akan terjadi.  Salah satu fungsi hutan sebagai pengatur tata air (hidrologi) yaitu memelihara persediaan air hujan yang jatuh kemudian disimpan dalam jangka waktu yang lama dan dilepaskan secara berangsur-angsur.  Air hujan yang jatuh ke bumi tidak langsung mengalir ke laut karena diserap oleh akar-akar pohon.

Dulu tidak terjadi kekeringan, sekarang kekeringan dimana-mana. Kalau musim hujan turun terjadi banjir menyebabkan kerugian material maupun korban jiwa. Banyak saudara-saudara kita mengalami bencana alam banjir akibat kecerobohan dalam memelihara lingkungan hidup sekitar. Marilah kita mewariskan kelestarian alam sekitar untuk anak cucu kita.

Para orang tua mengatakan dulu sungai di sekitar rumah kami airnya jernih dan melimpah, sekarang ketika musim kemarau datang, sungai-sungai tersebut menjadi kering. Tetapi pada waktu musim hujan airnya menjadi keruh bahkan meluap menyebabkan banjir.

Jika pepohonan di hulu sungai terjaga dengan baik maka fluktuasi air sungai tidak terlalu besar atau perbedaan debit air yang mengalir di sungai pada waktu hujan dan musim kemarau tidak terlalu berbeda jauh jumlahnya. "Mari Pelihara Hutan Kita Untuk Menjamin Ketersediaan Air di Musim Kemarau".

Entri Populer